Lubuk Linggau, (Sumaterakito.com) –
Panitia Silaturahmi Akbar 1.000 Alumni HMI Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara terus mengadakan konsolidasi menjelang pelaksanaan kegiatan tanggal 20 Juli 2024.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh alumni HMI lintas cabang dan lintas generasi yang berada di wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musirawas Utara (MLM).

Atmosfer semangat berhimpun para alumni sungguh sangat kental dibuktikan dengan telah terdatanya 518 orang Alumni HMI sejak kepanitian dibentuk sampai tanggal 29 Mei 2024 Pukul 15.07 WIB.

Beberapa tokoh alumni HMI telah memberikan dukungan moril terhadap kegiatan ini, diantaranya adalah Kanda Mulyanto selaku Ketua KAHMI pertama Musi Rawas (pada saat itu belum terjadi pemekaran wilayah) serta Sekretaris KAHMI pada masanya kanda Susyanto Tunut.

Silaturahmi Akbar Kahmi “1000 Alumni HMI” memiliki tema “Dengan semangat berhimpun memanggil alumni untuk bersilaturahmi dan bernostalgia”. Kegiatan silaturahmi akan dibalut oleh nuansa kebersamaan dengan melepaskan atribut keseharian. Setiap alumni nanti dapat bertemu, bercengkrama, berbagi informasi serta mengenang romantisme dan bernostalgia bersama.

Selain itu para alumni akan melaksanakan nonton bareng film Lafran Pane yang juga Tokoh Nasional pendiri HMI dengan tagline “Lillahi Ta’ala Untuk Indonesia. Prof.Drs. Lafran Pane dikenal sebagai pendiri sekaligus ketua pertama organisasi mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI.

Lafran Pane mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 dan menjadi pahlawan nasional pada 2017 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Selain sibuk berorganisasi, Lafran Pane juga meninggalkan 9 buku dan karya ilmiah. Lafran Pane juga ikut mendirikan PERSAMI (Persatuan Sarjana Muslim Indonesia) pada tahun 1964. Pemikiran Lafran Pane tertuang dalam tulisan-tulisan Lafran Pane, dan pengaruh pemikirannya dibuktikan dengan mendirikan HMI.

Untuk memeriahkan acara juga nanti akan menampilkan bazar UMKM serta diselingi dengan acara doorprize. Untuk memperkuat ukhuwah sesama alumni

Agar tujuan kegiatan lebih maksimal maka Kanda Susyanto Tunut dan Yunda Masnun selaku sesepuh alumni HMI menyarankan agar setiap kaukus melakukan pertemuan pendahuluan. Misalnya pertemuan setiap pengurus HMI Cabang Lubuklinggau dari masa ke masa, pertemuan kaukus Palembang, kaukus Bengkulu, kaukus Jogjakarta, kaukus Jambi, kaukus Jabodetabek, kaukus Jabar, kaukus Padang, dan seterusnya

Tujuan kegiatan ini adalah merangkul semua potensi alumni HMI yang berserakan sekaligus ajang silaturahmi mengenang romantisme semasa mahasiswa dulu sebagai aktivis HMI.
Dalam waktu dekat panitia akan Kembali mengadakan rapat konsolidasi terkait acara tersebut.(SK.com*)